Cara Membuat Format Undangan dengan Mudah dan Cepat - Label no 103

tidak ada komentar
Dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin maju, maka dapat kita manfaatkan kemajuan teknologi tersebut dengan baik seperti contohnya dalam postingan kali ini saya akan share Cara Membuat Label Undangan dengan Mudah dan Cepat - Label no 103 dengan menggunakan aplikasi Ms. word sebagai blangkonya dan Ms. Excel sebagai databasenya yaitu menyimpan data nama-nama orang yang  akan diundang yang  nantinya akan kita tampilkan di Ms. Word, dan juga yang nantinya akan kita cetak.

Dalam tutorial kali saya mengunakan label undangan No : 103 merk Car-Vanila dan bisa dipakai untuk merk Tom & Jerry dalam hal ini saya mencontohkan menggunakan MS. Office 2016, dan mudah-mudahan tidak jauh beda apabila menggunakan ms office yang lainya seperti office 2007,2010,2013.

Langkah pertama yaitu kita siapkan terlebih dahulu data excel nya yaitu data nama dan alamat seperti contoh gambar dibawah ini :

cara mudah membuat labal undangan dengan mailings


Dan apabila data excel telah kita siapkan dan telah tersimpan, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan yaitu membuka Ms, wordnya. Apabila Word telah terbuka kita  kilk pada menu toolbar Mailings dan akan tampil Start Mail Merge yang letaknya berada pada pojok paling kanan nomor 3. Seperti gambar dibawah ini, lalu kita klik  Label selanjutnya Kita pilih New Label dan kita set datanya seperti contoh gambar dibawah ini :

cara mudah membuat labal undangan dengan mailings

cara mudah membuat labal undangan dengan mailings

Apabila setting ukuran telah selasai sesuai contah gambar diatas maka selanjutnya kita klik OK.

Maka akan tampil kolom sebanyak 12 kolom sesuai pada kolom yang ada pada label undangan No 103. 

cara mudah membuat labal undangan dengan mailings


Tadi diatas telah saya sampaikan diatas bahwa kita telah  siapkan data excel yang berisi daftar nama undangan dan tentunya sebanyak 12 kolom juga maka langkah selanjutnya  kembali lagi pada menu toolbar Mailings lalu kita pilih Select Recipient selanjutnya kita klik Use Existing List lalu kita cari dan arahkan pada dokumen excel yang berisi daftar undangan tadi lalu klik Open.

cara mudah membuat labal undangan dengan mailings

Dengan demikian data excel telah terkoneksi dengan word, namun dalam hal ini yang perlu kita perhatikan yaitu biasanya data pada excel terdiri dari 3 Sheet, maka yang kita perlu koneksikan yaitu data yang bersisi daftar nama undanganya.

Selanjutnya pada menu tolbar posisi masih berada pada Menu Mailings selanjutnya kita pilih pada menu Insert Marge Filed dan akan tampil judul atau field dari data excel yang kita telah buat.selanjutnya arahkan kursor pada kolom yang akan kita masukkan datanya yaitu Nama pada field nama dan Alamat pada Filed alamat.

cara mudah membuat labal undangan dengan mailings


cara mudah membuat labal undangan dengan mailings



Ikuti langkah tersebut sampai semua kolom terisi, hal yang perlu diingat adalah karena kolom terdiri dari 12 kolom dan data excel juga terdiri 12 kolom, maka harus disesuaikan fieldnya pada kolom tersebut, contohnya kolom 1 pada nama field 1, nama 2 pada nama field 2 berikut seterusnya.

cara mudah membuat labal undangan dengan mailings

Dana apa bila telah selesai, langkah selanjutnya untuk menampilkan data nama dan alamat kita klik pada menu Mailings Preview Result, maka akan tampil data yang terdapat pada dokumen excel.  

cara mudah membuat labal undangan dengan mailings

Selanjutnya kita cetak, dan untuk mencetak halaman berikutnya kita tinggal klik panah pada menu.

dan untuk melihat lebih jelasnya dalam bentuk Video prakteknya silahkan anda klik view dibawah ini, dalam video ini saya menggunakan office 2017.

 Video contoh :

Demikian semoga bermanfaat.
IKLAN SPNSOR DARI ADNOW
loading...

"Pembaca yang terhormat, setelah membaca Konten silahkan berikan saran dan memberikan umpan balik yang bersifat membangun, Silakan Tulis Komentar yang Relevan dengan Bahasa yang Sopan. Komentar anda mengilhami saya untuk terus ngeblog. Pendapat anda jauh lebih berharga bagiku. Terima kasih".