Wisata Alam Indonesia, Dempo Magnet

11 comments
Jabal Magnet ditemukan di  Bumi Besemah - Kota Pagaralam
Keajaiban Alam bukti Kebesaran Allah SWT, Jabal Magnet/Bukit Magnet/Gunung Magnet  adalah Fenomena yang mengesankan disini adalah efek keterbalikan gravitasi. Saat  jalan menurun, rasanya sangat sulit. Pedal gas harus di tekan dalam-dalam. Sebaliknya, saat  menanjak naik, kendaraan seolah bergerak begitu saja. bahkan tidak perlu menekan pedal. Bila anda yang biasa di pegunungan, anda tentunya tahu kalau sebaliknya lah yang masuk akal. Naik sangat sulit karena melawan gravitasi, sementara turun sangat gampang, karena dibantu gravitasi. Bukan hanya dengan kendaraan, menuang air atau menggulirkan bola akan tampak naik mendaki, bukannya turun.

Daerah semacam ini bukan hanya ada di Madinah di Bumi Besemah  ditemukan  Jabal Magnet di Objek Wisata Perkebunan Teh Gunung Dempo Kota Pagaralam Sumatera Selatan. Tempatnya  tidak jauh dari lokasi tugu bunga kecubung Kompleks Perkantoran Gunung Gare

Jabal Magnet atau bukit magnet kini masih menjadi sesuatu yang amat fenomenal bahkan untuk orang-orang di dunia.

Tapi apakah Jabal Magnet ini? Dapatkah kita meminta penjelasan yang ilmiah untuk fenomena unik tapi nyata yang terjadi ? Keanehan dari Jabal Magnet amat banyak, tapi yang paling sering menjadi pembicaraan orang-orang adalah bagaimana mobil-mobil di sekitar area Jabal Magnet mampu berjalan mundur tanpa ada pengemudi di dalamnya. Tidak hanya berjalan mundur, mobil tersebut bisa bergerak hingga mendaki tanjakan.

pagaralam kota perjuangan
Kota Pagar Alam secara Geografis berada pada posisi 4o Lintang Selatan (LS) dan 103,15o Bujur Timur (BT) dengan luas wilayah 63.366 Ha (633.66 Km2 ) dan terletak sekitar 298 Km dari Palembang serta berjarak 60 Km di sebelah barat daya dari ibukota Kabupaten Lahat.

Letak Kota Pagar Alam berbatasan dengan kecamatan – kecamatan yang ada dalam Kabupaten Lahat Propinsi Sumatera Selatan yaitu sebagai berikut :

Sebelah Utara : Berbatasan dengan Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat. Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Propinsi Bengkulu

Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat

Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Sakti Kabupaten Lahat.

Sebagai atap Daerah Propinsi Sumatera Selatan, Kota Pagar Alam berada pada ketinggian 100 – 1000 Mdl ( Meter dari permukaan laut ) dari luas wilayah dataran tinggi di daerah ini berada dibawah kaki Gunung Dempo + 3159 Meter.
Peta Kota Pagaralam

Kota Pagar Alam mempunyai banyak sungai, diantaranya sungai Lematang , sungai Selangis Besar , sungai Selangis Kecil , sungai Air Kundur , sungai Betung, sungai Air Perikan sedangkan sungai Endikat merupakan sungai yang membatasi dengan kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat.

Suhu di Kota Pagar Alam berkisar anatara 14o C sampai dengan 34o C .

Jarak wilayah kecamatan dengan desa/ kelurahan dengan ibukota pemerintahan. Kecamatan terdekat dengan ibukota pemerintahan adalah Kecamatan Pagar Alam Utara sedangkan kecamatan yang terjauh dari ibukota pemerintahan adalah Kecamatan Dempo Selatan.

* Iklim

Kota Pagar Alam yang terletak dibawah kaki Gunung Dempo pada umumnya mempunyai hawa dingin (sejuk), memiliki 2 ( dua ) musim yaitu musim kemarau dan musin hujan. Musim hujan rata - rata setiap tahun berkisar antara Bulan Oktober s/d bulan Maret sedangkan musim kemarau berkisar bulan April s/d September, penyimpangan kedua musim tersebut terjadi setiap 5 tahun sekali dimana musim hujan berkisar antara 2000 - 3000 mm dengan kelembaban udara berkisar antara 75 - 89 %.

Bentuk permukaan tanah di daerah Kota Pagar Alam bervariasi dari dataran sampai bergunung. daerah yang mempunyai dataran yang cukup luas adalah Kecamatan Pagar Alam Selatan dan Kecamatan Pagar Alam Utara sementara daerah yang mempunyai permukaan bergunung adalah Kecamatan Dempo Utara, Kecamatan Dempo Selatan dan Dempo Tengah mempunyai bentuk permukaan yang bergelombang.

Kota Pagar Alam selain daerah pertanian juga merupakan potensi mineral dan bahan tambang . Bahan tambang golongan C yang sudah diusahakan oleh rakyat seperti : tanah liat, pasir, batu kali/gunung yang terdapat di Kecamatan Dempo Selatan.


IKLAN SPNSOR DARI ADNOW
loading...

11 komentar

kota kecil seribu wisata, sgdnf warna, brjta cerita :)

kota kenangan,,, Masa kecilku dhabiskan di kaki gunung dempo

Kota pagar alam Surganya Dunia....Kota masa kecilKU....

Ini beneran gak sehhh.....?
aku long wekeed maren dari sana. tapi kok gak ada denger ya kabar ini...:(

Wow kalau beneran ada itu kren bgt

Keren tempat wisatanya, kpn ya bs ksna?
NIce share min :)

"Pembaca yang terhormat, setelah membaca Konten silahkan berikan saran dan memberikan umpan balik yang bersifat membangun, Silakan Tulis Komentar yang Relevan dengan Bahasa yang Sopan. Komentar anda mengilhami saya untuk terus ngeblog. Pendapat anda jauh lebih berharga bagiku. Terima kasih".