Beberapa Manfaat Senam bagi Kesehatan

tidak ada komentar

manfaat senam bagi kesehatan
Kesehatan adalah aset yang sangat berharga bagi kita yang tidak bisa kita hitung atau kita ukur dengan uang. maka hal yang seharusnya kita lakukan adalah menjaga kesehatan.
dalam hal menga kesehatan yang bisa kita lakukan adalah berolah raga, menjaga pola makan.
Dan pada kesempatakan yang baik ini   saya akan menyampaikan beberapa manfaat senam bagi kesehatan:

Manfaat Senam bagi Kesehatan diantaranya :

1. Dapat Memperkuat Otot Tangan dan Kaki
Gerakan senam sebagian besar bertumpu pada gerakan otot tangan dan kaki. Semakin banyak berlatih, otot anggota gerak badan akan semakin kuat, itulah salah satu diantara manfaat dari Senam bagi kesehatan.

2. Dapat Membantu Kelancaran Sistem Pernafasan
Seperti olah raga lainnya, senam tidak hanya melatih otot luar namun juga organ tubuh bagian dalam, dengan gerakan-gerakan senam paru-paru bekerja semakin optimal dan aliran oksigen berjalan lebih lancar sehingga sistem metabolisme tubuh berlangsung lebih efisien.


3. Dapat Memperlancar Peredaran Darah
Gerakan-gerakan senam perlahan meningkatkan suhu tubuh, hal ini berpengaruh terhadap kondisi pembuluh darah, timbunan lemak yang mungkin memenuhi peredaran darah dapat terbakar secara bertahap sehingga sistem transportasi darah berjalan lebih lancar. Risiko otot varises karena kurang gerak atau aktivitas yang terlalu berat dapat berkurang dengan melakukan gerakan senam secara teratur.


4. Dapat Membantu Menjaga Berat Badan Ideal
Gerakan-gerakan senam merupakan gerakan yang mampu membakar kalori, cadangan energy yang tersimpan berupa lemak di beberapa bagian tubuh terbakar secara bertahap sehingga tidak memberi kesempatan lemak menjadi penyebab obesitas. Latihan senam memperbaiki sikap tubuh menjadi lebih sempurna, badan berdiri tegap, tidak membungkuk, atau membusung. Otot tubuh yang terlatih karena gerakan senam akan terbentuk lebih kenyal, elastis dan tidak menggelambir sehingga bentuk tubuh tampak ramping.

5. Dapat Menyembuhkan Gangguan Mata
Senam tidak hanya berupa gerakan kaki dan tangan, senam khusus seperti senam mata yaitu melatih otot sekitar mata dengan gerakan khusus seperti menggerak-gerakkan bola mata ke kiri dan kanan, ke atas dan ke bawah, memfokuskan pandangan pada suatu benda selama beberapa saat dapat membantu menurunkan resiko rabun jauh dan rabun dekat. Aktivitas yang terlalu sering membaca dalam jangka waktu lama, berada di depan layar komputer juga memerlukan senam mata agar mata tidak merasa cepat lelah.

6. Dapat Mengurangi Resiko Osteoporosis
Banyak orang seringkali terlambat mengenali gejala osteoporosis (keropos tulang). Beberapa gerakan senam khusus dapat membantu menurunkan resiko terjadinya osteoporosis, contoh gerakan senam tersebut adalah latihan pembebanan, gerakan dinamis dan ritmis serta latihan daya tahan. Senam aerobic low impact adalah jenis senam yang membantu menjaga ketahanan tulang dan persendian.

7. Membantu Menyembuhkan Penyakit Asma
Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang daerah pernapasan. Pengobatan asma tidak hanya tergantung pada obat-obatan namun perbaikan gizi dan olahraga teratur membantu proses penyembuhan berjalan lebih cepat. 

Semoga bermanfaat
IKLAN SPNSOR DARI ADNOW
loading...

"Pembaca yang terhormat, setelah membaca Konten silahkan berikan saran dan memberikan umpan balik yang bersifat membangun, Silakan Tulis Komentar yang Relevan dengan Bahasa yang Sopan. Komentar anda mengilhami saya untuk terus ngeblog. Pendapat anda jauh lebih berharga bagiku. Terima kasih".