Cara membuat Daftar Isi dengan Microsoft Office Word 2007

2 comments
Cara membuat Daftar Isi dengan Microsoft Office Word 2007
Micosoft Word adalah salah satu peket dari Micrsoft Office 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa MS WORD dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Namun, adakalanya kita lupa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD, padahal dengan memanfaatkan fasilitas tersebut dapat membantu mempercepat pembuatan dokumen. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali berbagai fasilitas yang ada dalam MS WORD. pada kesempatan ini saya memberikan tutorial Cara membuat Daftar Isi dengan Microsoft Office Word 2007.

Secara umum fungsi dari daftar isi adalah untuk mempermudah bagi  pembacanya untuk dapat menemukan halaman yang akan di baca. Namun hal ini berbeda bagi buku-buku ilmiah yang akan dijadikan referensi bahan-bahan penulisan.
Dalam buku umumnya para pembaca mudah menelusuri informasi yang diperlukan seperti: menemukan pengidentifikasian dan perumuskan masalah yang di hadapi , menemukan halaman yang menyajikan bukti-bukti hasil penelitian, serta mampu memecahkan solusi.

Bahkan tak jarang fungsi daftar isi pada tulisan karya ilmiah dapat membantu para pembacanya mengilhami ide lain dan menuliskannya kembali dengan hasil yang berbeda pula. 

Berikut ini saya akan mencoba meberikan tutorial cara membuat daftar isi menggunakana Microsoft Office Word 2007.

Pertama, Anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa ruler Anda sudah aktif. seperti yang terlihat pada gambar berikut :
Cara membuat Daftar Isi dengan Microsoft Office Word 2007


kalau ternyata ruler Anda belum aktif, maka Anda aktifkan dulu di menu view, lalu berikan checklist pada ruler, seperti gambar berikut :

Cara membuat Daftar Isi dengan Microsoft Office Word 2007

Kedua, klik left tab yang Anda inginkan, sesuaikan dengan jarak stop titik pada halaman daftar isi yang ingin Anda buat. Klik 2 tab (tab untuk tempat stop titik, dan tab untuk tempat nomor halaman daftar isi). Bisa Anda lihat seperti pada gambar berikut :


Cara membuat Daftar Isi dengan Microsoft Office Word 2007

Ketiga adalah  tinggal menuliskan bagian-bagian daftar isi yang Anda buat, misal seperti gambar dibawah ini. Ketik halaman judul, lalu tekan spasi, lalu tekan Tab, maka akan muncul titik titik seperti gambar dibawah ini. Lalu tekan tab lagi untuk mengisikan nomor halamannya. Ingat, tekan spasi lalu tab untuk memunculkan titik tersebut.

Cara membuat Daftar Isi dengan Microsoft Office Word 2007

IKLAN SPNSOR DARI ADNOW
loading...

2 komentar

oiya bagaimana cara menggunakannya pada aplikasi ms office yang terbaru saat ini apakah masih sama juga

Ya sama aja, hanya pada tampilannya mungkin yang sedikit beda.. kalau langkah langkanya sama saja, silahkan dicoba

"Pembaca yang terhormat, setelah membaca Konten silahkan berikan saran dan memberikan umpan balik yang bersifat membangun, Silakan Tulis Komentar yang Relevan dengan Bahasa yang Sopan. Komentar anda mengilhami saya untuk terus ngeblog. Pendapat anda jauh lebih berharga bagiku. Terima kasih".