Penyakit kanker dan hikmahnya.

tidak ada komentar

penyakit kanker dan hikmahnya
Penyakit kanker adalah merupakan penyakit yang berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian jika tergolong parah.

Dalam sebuah hadist Nabi  Muhammad SAW:
Diriwayatkan oleh Imam Bukhari di dalam shahihnya, dari shahabat Abu Hurairah  bahwasanya Nabi  Nabi  bersabda,

Yang  dalam terjemahannya :
 “Tidaklah Allah turunkan penyakit kecuali Allah turunkan pula obatnya”
 Dalam Hadist yang lain:
Diriwayatkan pula dari musnad Imam Ahmad dari shahabat Usamah bin Suraik , bahwasanya Nabi  bersabda,

Yang  dalam terjemahannya :
“Aku pernah berada di samping Rasulullah Lalu datanglah serombongan Arab dusun. Mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, bolehkah kami berobat?” Beliau menjawab: “Iya, wahai para hamba Allah, berobatlah. Sebab Allah SWT tidaklah meletakkan sebuah penyakit melainkan meletakkan pula obatnya, kecuali satu penyakit.” Mereka bertanya: “Penyakit apa itu?” Beliau menjawab: “Penyakit tua.”
(HR. Ahmad, Al-Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi, beliau berkata bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikhuna Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i menshahihkan hadits ini dalam kitabnya Al-Jami’ Ash-Shahih mimma Laisa fish Shahihain, 4/486)

Dari berbagai artikel yang telah kami baca bahwa Penyakit kanker itu ada dua jenis golongan,

  1.          .Pertama yang masih awal atau terbilang jinak.
  2.          Kedua merupakan penyakit kanker ganas.

Dan jika telah tergolong dalam penyakit yang ganas,  maka akan berbahaya selain gejala nya yang mengganggu, ancaman yang paling membahayakan adalah bisa mengancam nyawa seseorang. Dan ada beberapa jenis penyakit kanker yang cukup berbahaya jika dialami oleh tubuh. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Kanker Usus Besar

Jenis penyakit kanker yang cukup berbahaya dan juga cukup banyak yang mengalaminya walaupun yang terkena penyakit kanker usus besar tergolong dalam kalangan seseorang yang telah lanjut usia. Kanker usus besar merupakan kanker yang akan mengganggu pencernaan atau metabolisme tubuh pada gejala yang akan terjadi.

Karena kanker terjadi di organ pencernaan. penyakit kanker usus besar akan semakin berbahaya jika telah meluas ke anggota tubuh yang lainnya, sehingga penderita kanker usus besar yang telah menyebar luas memiliki kemungkinan untuk bertahan sangat kecil. Oleh sebab itu menjaga pola makan yang baik agar tidak menganggu organ pencernaan harus di lakukan dengan dari usia muda, sehingga tidak menyebabkan masalah di umur yang akan medatang.

Kanker Pankreas
Jenis penyakit kanker lainya yaitu kanker pankreas. Penyakit kanker pankreas merupakan kanker yang juga menyerang anggota tubuh atau organ pencernaan juga sama seperti kanker usus besar. jika pankreas terkena kanker maka cukup membahayakan, karena fungsi dari organ tersebut sangat mempengaruhi untuk menyerap nutrisi dari makanan yang telah di konsumsi dan juga menjadi organ tubuh yang berguna untuk produksi enzim yang sangat di butuhkan tubuh. penyakit kanker pankreas sangat berbahaya karena gejala yang di timbulkan merupakan gejala seperti hal nya penyakit biasa saja. dan baru akan mudah untuk ketahuan jika tingkat keparahan kanker sudah semakin serius. Oleh sebab itu asupan makanan sehat lah yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh serta pencernaan.

Kanker Payudara
Penyakit kanker yang tidak kalah ganas nya merupakan jenis penyakit kanker payudara. Jenis penyakit kanker yang banyak menyerang wanita, walaupun laki laki juga bisa terkena penyakit kanker payudara. Penyakit kanker payudara menyerang jaringan atau sel yang ada di dalam payudara, sehingga bisa menyebabkan tonjolan pada permukaan kulit. sebenar nya akan mudah untuk mendeteksi kanker payudara, karena pada gejala kanker payudara akan mengubah bentuk dari payudara, hingga ada benjolan.

Oleh sebab itu untuk wanita merawat payudara sangat penting untuk di lakukan, agar keadaannya selalu sehat dan tidak mudah untuk terkena penyakit. dan seringlah periksa payudara pada saat mandi dengan meraba nya dari mulai atas ketiak hingga payudara, untuk mendeteksi benjolan yang tidak normal yang tumbuh di sekitar payudara. Penyakit kanker payudara akan mudah untuk di sembuhkan dengan melakukan pengobatan herbal, kemoterapi atau operasi untuk menghilangkan sel kanker yang telah merusak jaringan pada payudara pada saat masih dalam tahap awal.

Kanker Paru Paru
Penyakit kanker tidak hanya akan menyerang bagian pencernaan saja, tetapi juga bisa untuk menyerang organ pernafasan. Penyakit kanker paru paru misal nya, jenis penyakit kanker yang cukup besar menjadi penyebab kematian. Penyakit kanker paru paru bisa di sebabkan oleh rokok yang di konsumsi pada waktu yang cukup lama, dan zat beracun merusak jaringan pada paru paru.

Gejala yang di timbulkan oleh jenis penyakit kanker paru paru hampir sama dengan gejala penyakit pada pernafasan biasa, sehingga susah untuk di deteksi jika tidak di lakukan pemeriksaan secara jelas pada paru paru. Penyakit kanker paru paru bisa di lihat dengan dokter dengan menggunakan alat khusus, yang bisa melihat keadaan di dalam paru paru. Untuk melakukan penyembhan paru paru bisa dengan membunuh sel kanker atau juga bisa dengan mengangkat sel aknker pada paru paru sehingga tidak akan merusak jaringan tubuh yang lain nya.

Kanker Prostat
Penyakit kanker prostat banyak dialami oleh kaum laki laki. Pada jenis penyakit kanker prostat ini jika terjadi juga tidak kalah membahayakan nya dengan penyakit lain nya. pada penderita kanker prostat maka bisa menyebabkan difungsi seksual, rasa nyeri saat buang air kecil, dan banyak gejala lain nya. pengobatan kanker prostat akan lebih mudah untuk di sembuhkan jika masih pada tahap awal.

Dan masih banyak lagi jenis penyakit kanker yang membahayakan bagi manusia.

Hikmah dari panyaki yang dialami bagi manusia menurut islam :

Hikmah dibalik sakit dan musibah diterangkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dimana beliau bersabda:
  “Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya”.
(HR. Bukhari no. 5660 dan Muslim no. 2571).

“Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya”. (HR. Bukhari no. 5641).

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengan dosa-dosanya”. (HR. Muslim no. 2573).
 “Bencana senantiasa menimpa orang mukmin dan mukminah pada dirinya, anaknya dan hartanya, sehingga ia berjumpa dengan Allah dalam keadaan tidak ada kesalahan pada dirinya”.
(HR. Tirmidzi no. 2399, Ahmad II/450, Al-Hakim I/346 dan IV/314, Ibnu Hibban no. 697, dishohihkan Syeikh Albani dalam kitab Mawaaridizh Zham-aan no. 576).

“Sesungguhnya Allah benar-benar akan menguji hamba-Nya dengan penyakit, sehingga ia menghapuskan setiap dosa darinya”.
(HR. Al-Hakim I/348, dishohihkan Syeikh Albani dalam kitab Shohih Jami’is Shoghir no.1870).
 “Tidaklah seorang muslim tertusuk duri atau yang lebih dari itu, melainkan ditetapkan baginya dengan sebab itu satu derajat dan dihapuskan pula satu kesalahan darinya”. (HR. Muslim no. 2572).
 “Sakit demam itu menjauhkan setiap orang mukmin dari api neraka”. (HR. Al-Bazzar, dishohihkan Syeikh Albani dalam kitab Silsilah al Hadiits ash Shohihah no. 1821).

“Janganlah kamu mencaci-maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Allah akan menghapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi”. (HR. Muslim no. 2575).

Walaupun demikian, apabila seorang mukmin ditimpa suatu penyakit tidaklah meniadakan usaha (ikhtiar) untuk berobat. Rasulullah shallalllahu alaihi wa sallam bersabda :

 “Allah tidak menurunkan penyakit melainkan pasti menurunkan obatnya”. (HR. Bukhari no. 5678). 
IKLAN SPNSOR DARI ADNOW
loading...

"Pembaca yang terhormat, setelah membaca Konten silahkan berikan saran dan memberikan umpan balik yang bersifat membangun, Silakan Tulis Komentar yang Relevan dengan Bahasa yang Sopan. Komentar anda mengilhami saya untuk terus ngeblog. Pendapat anda jauh lebih berharga bagiku. Terima kasih".