Perbedaan Teh Hitam CTC dan Teh Hitam Orthodoks.

tidak ada komentar

teh gunung dempoTeh Hitam CTC dapat dibedakan dengan Teh Hitam Orthodoks dari proses pengolahannya yaitu dengan cara Crushing (digiling), Tearing (disobek) dan Curling (digulung). Dikarenakan proses pengolahannya seperti itu maka maka teh kering yang dihasilkan berbentuk seperti butiran pejal dan disebut dengan Teh Hitam CTC.
 Proses pengolahan CTC dilakukan dengan menggunakan 2 buah Roller bergigi dan beralur yang berbentuk helix dengan diameter 8,25 inch bertipe 8 tpi dan 10 tpi. Roller berputar secara high speed dan low speed dengan perbandingan 700 rpm : 70 rpm yang menggunakan gear box berasio 10 : 1. Jumlah mesin CTC yang digunakan berbeda dibeberapa tempat ada yang menggunakan 3 unit tetapi ada juga 4 unit, hal ini tergantung dari bahan daun teh yang dipetik dan jenis bubuk teh kering yang ingin dihasilkan.

Bahan daun teh yang diharapkan untuk diolah adalah P+3, artinya dalam satu tangkai daun teh yang dipetik terdiri dari 1 pucuk daun dan 3 lembar daun muda. Proses selanjutnya adalah oksidasi enzymatis dengan menjaga agar suhu dan kelembaban bubuk tetap terjaga dengan suhu maksimal 27,6 derajat celcius sebelum masuk proses pengeringan. Pengeringan dilakukan pada suhu 105 derajat celcius dengan menggunakan FBD atau VFBD. Bubuk teh kering yang sudah matang di dryer keluar secara otomatis, kemudian dilakukan proses sortasi untuk melakukan pemisahan berdasarkan jenisnya sesuai dengan ukuran dan beratnya.


Teh adalah minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh.

Istilah "teh" juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan Jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal.

Teh merupakan sumber alami kafein, teofilin dan antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Teh bila diminum terasa sedikit pahit yang merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.

Teh bunga dengan campuran kuncup bunga melati yang disebut teh melati atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia. Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia.

Sumber  : https://id.wikipedia.org/wiki/Teh.



IKLAN SPNSOR DARI ADNOW
loading...

"Pembaca yang terhormat, setelah membaca Konten silahkan berikan saran dan memberikan umpan balik yang bersifat membangun, Silakan Tulis Komentar yang Relevan dengan Bahasa yang Sopan. Komentar anda mengilhami saya untuk terus ngeblog. Pendapat anda jauh lebih berharga bagiku. Terima kasih".