Contoh Menggunakan Fungsi VLOOKUP Pada Ms Excel

tidak ada komentar
Pada Posting sebelumnya saya telah menjelsakan Pengertian Microsoft Office dan Aplikasi di Microsoft Office dan Bagaimana Cara merubah Kolom Excel Berubah Menjadi Agka. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial MS Excel yaitu cara menggunakan Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP pada Microsoft Excel hal ini berguna untuk membaca suatu tabel, lalu mengambil nilainya pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu. Kunci ini berupa sel referensi (contoh: sel A2) atau nilai, seperti kode, Nama, Harga dan sebagainya.

berikut ini contonhya :

Jika tabel tersusun secara vertikal, kita menggunakan fungsi VLOOKUP.


contoh vlookup excel

Dan, jika tabel tersusun secara horizontal, maka kita menggunakan fungsi HLOOKUP

contoh hlookup ms excel

Cara Penulisan :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup)

Penjelasan :
lookup_value: nilai atau sel referensi yang dijadikan kunci dalam pencarian data. table_array: tabel atau range yang menyimpan data yang ingin dicari. Range untuk contoh tabel di atas adalah: A2:C4 (tabel pertama - VLOOKUP) dan B1:D3 (tabel dua - HLOOKUP).
col_index_num: nomor kolom yang ingin diambil nilainya untuk fungsi VLOOKUP. Untuk tabel pertama (VLOOKUP): nomor kolom adalah 2, bila ingin mengambil nilai pada kolom Name. Nomor kolom adalah 3, bila ingin mengambil nilai pada kolom Price.
row_index_num: nomor baris yang ingin diambil nilainya untuk fungsi HLOOKUP. Untuk tabel dua (HLOOKUP): nomor baris adalah 2, bila ingin mengambil nilai sel pada baris Name. Nomor baris adalah 3, bila ingin mengambil nilai sel pada baris Price.
range_lookup: Nilai logika TRUE atau FALSE, dimana Anda ingin fungsi VLOOKUP atau HLOOKUP mengembalikan nilai dengan metode kira-kira (TRUE) atau mengembalikan nilai secara tepat (FALSE)

Contoh Penggunaan Vlookup :
contoh fungsi vlookup pada excell


 Rumus :
=VLOOKUP(A19,$A$2:$C$5,3,FALSE) Akan Menghasilkan : pada Cell C2
Cara Menggunakan Rumus :
=vlookup ->(pindahkan kusor contoh disini  ke Cell A19 lalu koma (,)atau titik koma(;) tergantung pada Ms Excel anda, Excel saya disini menggunakan tanda koma(,) selanjutnya block dari A2 s/d C5 jangan lupa  F4 (akan keluar tanda $) untuk mengunci kolom yang kita block lalu koma (,) lagi atau titi koma (;) lalu tulis kolom berapa yang akan kita masukkan nilainya saya disini mengambil kolom ke 2  untuk mengambil harga dan kolom ke 3 untuk mengambil Nama
IKLAN SPNSOR DARI ADNOW
loading...

"Pembaca yang terhormat, setelah membaca Konten silahkan berikan saran dan memberikan umpan balik yang bersifat membangun, Silakan Tulis Komentar yang Relevan dengan Bahasa yang Sopan. Komentar anda mengilhami saya untuk terus ngeblog. Pendapat anda jauh lebih berharga bagiku. Terima kasih".